Posts

Showing posts from February, 2016

TESLA MANAF Salutlah untuk Perjuangannya...

Image
Tesla Manaf! Mau ke Jepang? Waow! Waktu baca berita itu di social-media, saya kaget dan seneng. Kaget banget sih ga. Kenapa jadi kaget, siapapun bisa saja ke luar negeri. Untuk tujuan apapun. So, kalau lantas Tesla berencana ke Jepang, untuk melakukan tur kecil di sana. Ga Ada sesutu yang aneh, buat saya ya. Toh Tesla juga tempo hari ke mana ya, Eropa? Itu kan bisa. Ia juga kan bisa merilis albumnya secara worldwide, lewat Moonjune Records. Ia menyebut judul albumnya,. A Man’s Relationship With His Fragile Area. Kalau liat di katalog Moonjune, judul albumnya adalah namanya sendiri. Tesla Manaf. Ga jadi terlalu kaget, karena Intan Anggita, si @BadutRomantis, sebelumnya sempat mengontak saya langsung. Mengabarkan ia membantu Tesla untuk mengumpulkan dana, agar rencana Japan Tour-nya bisa terealisasikan dengan baik. Waktu itu, jalan pertama melelang vinyl “bersejarah”, Djanger Bali yang dirilis pertama kali tahun 1967 itu. Itu album jazz dari para master jazz Indonesia, The Indonesian All …

EMIL Dari SoG ke Wired, Sekarang DDO. Eh, apa kabar, bray?

Image
Mas Bro, musik itu lebih dari bisnis. Musik adalah lifestyle, buat gw. Begitu doski nyerocos. Eits bro. Kalau mau bro ya bro. Atau bray, juga boleh. Jangan “mas bro” dong. Terlalu ragu-ragu kesannya. Dan kita berdua ketawa-tawa lebar. Bisa aja elo mas. Ok then, so you choose, “mas”? Elo maunya gimana dong, bro? Nah mulai dah.... Udah mending, kita bersulang!
Di meja depan kita ada beberapa botol. Botol air mineral sih. Mineral yang memberi semangat dan kesukacitaan. Lalu ada piring berisi bitterballen dan kroket. Gw ambil, dan doi langsung menyamber, “Elo Belande banget, mas...”
Emil is his name. Emil, who? That’s it,cukup Emil ajalah, begitu ucap doi. Emil pilih, pendek segitu aja. Karena...”Well mas, biarlah gw independent, ga bawa-bawa nama keluarga. Kan gw punya hidup sendiri. You know what I’m saying.... Bukan gw ga respek dengan keluarga, apalagi dengan bokap atau orang tua. Konteksnya bukan itu.” So, ok then. He’s rock n roller skaleeee. Jadi, kayak gini deh. Bayangin, pagi sampa…

Diundang untuk chitchat dengan Joey Alexander

Image
Joey, kok kamu sekarang gondrong? Itu pertanyaan saya, waktu saya dapat giliran untuk ngobrol dengan Joey. Lewat skype. Joey di layar, ditemani mamanya, Farra Urbach Sila. Papanya, Denny Sila, katanya sedang sibuk membalas email, jadi tak tampak di layar. Joey ketawa, saya tanya begitu. Kenapa Joey sekarang rambutnya panjang, saya malah sekarang pendek lho rambutnya. Joey dan mamanya tertawa, dan mereka sesaat sempat tak mengenali saya. Karena saya bertopi, dan ga gondrong lagi. Hihihihi. Begitu mengenali, ketika saya buka topi, ealaaaa Fara, mamanya, berucap, “E do do e.....”.
Sebelumnya, Benny Likumahuwa, senioren jazz Indonesia, yang dipanggil “Opa” oleh Joey setuju bahwa Joey adalah, bakat spesial. “Saya sering kalau jammin’, mengajak Joey coba ikut main, di tengah lagu. Ia hanya mendengarkan sebentar dan saya hanya melihat dan menangkap ekspresinya. Jelas akan terlihat ekspresinya, ia bisa. Dan ya memang bisa. Masuk langsung main saja, padahal lagu itu belum pernah dimainkan dia se…

CHASEIRO, Semangat Jiwa Muda yang Terus Muda

Image
Lupakan semua yang lalu (indahkanlah kenangan)…  Sambutlah hari di muka yang cerah ciptakan suasana semangat manusia jiwa muda… ‘Semangat Jiwa Muda’, Chaseiro – Vol. 3, rilis 1981
Semangat jiwa muda merekalah yang kayaknya membuat mereka tetap eksis. Bisa dibilang, ga lekang dimakan jaman! Walau sekilas, mereka hanya menghadirkan 4 album rekaman, dalam kurun waktu 1979 sampai 1982. Tapi toh, mereka tetap hadir terus, bahkan sampai hari ini. Album rekaman “asli”, memang tercatat hanya ada 4 album. Tapi mereka kemudian merilis lagi album, Persembahan di tahun 2001. Dilanjutkan dengan Retro, di tahun 2011. Kini, mereka sudah merampungkan album baru mereka, yang rekamannya dibantu sepenuhnya oleh mantan drummer Halmahera, Ari Darmawan. Ari Darmawan, belakangan memang seringkali menjadi produser rekaman, selain seorang jingle-maker. Mereka telah mulai berdiri sejak 1978. So, sebelumnya…duduk-duduk atau rebahan? Maksudnya, mereka mulai kumpul bareng gitu looh! Lama juga yaaa, dan berarti usia …