Lagu dan Musik Asyiknya Nakedsouls Project....


“Awalnya proyek band ini berangkat dari ide saya dan sahabat baik saya ini untuk membuat album rekaman yang berisikan lagu-lagu orisinal. Kami sadar banyak teman-teman musisi kami yang sudah memiliki band tetap, jadi kami memutuskan untuk membuat ini menjadi sebagai project yang di supportmereka, tanpa harus mengikat mereka menjadi anggota band permanen. Maka terjadilah Nakedsouls Project,” jelas satu dari duo ini.
Kelompok baru ini memang bertumpu pada keberadaan duo, yang telah menjalani persahabatan puluhan tahun lamanya. Adalah The Rolling Stones, beserta rock and roll yang mengikat erat mereka satu sama lain. Untung, mereka sejenis!
Kalau saja, beda jenis, sangat boleh jadi ujungnya bukan cuma sebuah album rekaman. Tapi jangan-jangan altar pernikahan? Aha. Yes, kedua pria yang kesannya rumahnya jauh banget dari barber shop, atawa salon ini, telah main bareng sejak dekade 90-an. Adalah kelompok bernama Ulique, yang memainkan lagu-lagu alternative rock, yang mempertemukan mereka saat itu.
Sedari saat itu, mereka nampak nyambung. Hatipun terpaut, dengan selera musik satu sama lain, juga dengan permainan gitarnya. Mereka makin matched ketika merekapun sama-sama menyukai The Rolling Stones..

Ok, yang satu Glenn Sinsoe. Ia lebih banyak yang menulis lagu, selain bergitar dan bernyanyi. Saya malah lebih mengenalnya sebagai “orang panggung” nih, terutama di Jakjazz International Jazz Festival. Oh ga usah heran, ia adalah keponakan dari tokoh jazz legendaris, almarhum Ireng Maulana, notabene memang penggagas dan motor utama Jakjazz.
Memang waktu mengenalnya dulu, saya sudah mendengar kabar selentingan, Glenn juga musisi. Seperti juga saudara sepupunya, Tommy Maulana, putra dari almarhum Ireng Maulana. Tommy juga saya mengenalnya leway Jakjazz. Keduanya gitaris, bukan jazz, tapi rock! Begitu deh gosipnya.
Nah sahabat karib sehati, sepenanggungan, seia-sekata itu adalah, Coki Sitompul. Pemuda ini saya mengenalnya memang gitaris. Rokenrol gaya tampilan, juga permainan gitarnya. Kalau Glenn juga menyebut beberapa grup lain, yang memberinya inspirasi dalam bermusik, macam Yes dan Genesis. Nah kalau Coki Sitompul, dari dulu hanya menyebut satu nama, ya Jagger en Richards dengan The Rolling Stones nya itu.

Saya mengenal Coki sejak pertengahan era 1990-an lah kira-kira. Saat ia mendukung grup Yuke Sumeru Band. Dari saat itu, saya mulai suka dengan permainan gitarnya. Saat itu, ia ternyata punya band lain, Alien Scream, yang memainkan warna metal. Selain ada juga cover band Stones juga, bersama adik dari Glenn Sinsoe.
Pada waktu berikutnya, saya kerapkali bertemu Glenn. Dimanapun, terutama di mall-mall. Ia tetap sibuk, lebih sebagai ya tetap mengurus show. Jakjazz tetap yang terutama. Sementara Coki Sitompul, kemudian membentuk Lemon Tea, yang buat saya adalah salah satu grup entertainer rock terbaik di masa itu.
Persahabatan dua gitaris berkelamin sama ini, berlanjut dengan kelompok cover Stones tulen, Get Stoned, di tahun 2014. Kayaknya inilah yang lantas menimbulkan ide untuk kerja bareng lebih serius. Melepaskan diri dari warna Stoned, menyodorkan karya-karya sendiri.
Ya begitulah, Nakedsouls Project pun lantas dikerjakan. Dimana mereka dibantu sepenuhnya oleh Okky Maleh, drummer yang mendukung dengan studio rekaman dimana seluruh lagu dalam album ini digarap sampai kelar.



Proyek duo ini sudah digagas dan direncanakan serius sejak 2015 sebenarnya. Lalu mulai masuk masa penggarapan musiknya di 2016. Mereka didukung banyak teman-teman musisi lainnya, seperti vokalis Njet Barmansyah, yang ngetop dengan Flowers-nya itu. Dan juga dianggap Pimpinan Kantor Pusat The Rolling Stones di Indonesia.
Ada juga kibordis, yang saya juga mengenalnya pertama lewat Yuke Sumeru Band, yoih bro dia memang teman lama banget Coki, BennyBey Blue”. Ada juga pemain cello, Arini Kumara,putri dari almarhum Alex Kumara. Drummer dibantu oleh Rama Moektio. Untuk bass, ada keterlibatan Bato (ex Taboo) dan Didiek (mantan bassis Roxx).
Pada vokal, ada bintang tamu vokalis perempuan. Yang satu adalah Putri Lana, kata Glenn dikenal lewat ‘Keong Racun’. Well, keongnya eh racunnya manis lhoooo. Ada juga Ade Ayu, ah ini mah mantannya Coki Sitompul. Mantan pacar, dimana sudah sukses diikat Coki untuk sehidup semati alias ya bokin-nya Coki secara resmi... Ade Ayu juga temen lama saya, pernah juga di Yuke Sumeru Band, sebelumnya anggota Cantora Paramitha nya Geronimo.
Selain itu ada Ice Nugraha dan tentunya juga, didukung oleh Tommy Maulana, yang adalah tak hanya sepupuan dengan Glenn.Tapi juga partner dekatnya dalam bermusik, sama-sama gitaris pula.



Nakedsouls Project ini merilis sebuah EP bentuknya, berisikan 6 lagu. Coba tengok sebentar keenam tracks dalam debut album mereka ini deh. Saya suka karena ada variasi warna musik yang mereka mainkan.
Agak-agak ballad, nyaman, asyik nemenin berkendara jarak jauhlah, ada di lagu, ‘Something on My Mind’. Ballad yang manis, akustikan, dengan suara Putri Lanna yang berduet dengan Glenn. Apalagi yang lebih down, sebuah ballad tentang respek Glenn terhadap sang paman, Ireng Maulana, ‘My Hero’.
Nomer balada yang relatif empuk juga bisa ditemui atau dirasakan lewat,’’Listen’ selain ‘Where do We Go’. Balada yang rada medium-tempo. Kalau didengerin, boleh juga nemenin sambil berkendara, siul-siul kecil. Kayak membelai telingalah... Menentramkan dan bisa bikin kita males ngebut....
Nah mau yang relatif keras, ada juga dong. Dengerin galaknya Coki Sitompul meraung-raungkan gitarnya di lagu,’You Think You Know’. Bergaya ala alternative banget, post-grunge kira-kira. Boleh sih kalau teringat Mike Tremonti misalnya. Ballad rock 90-an suasananya. Suara Ade Ayu memberi aksentuasi lebih ngerock lagu ini.


Dan lagu penutup, ‘Lemesin Aja’, dimana kita bisa bersantai sambil mengapal-ngepul, angkat gelas kalau kosong ya isi lagi. Dengan vokal khasnya Njet Barmansyah, lagunya adalah, ‘Lemesin Aja’. Lemesin, lemesin...jangan dikakuin, udah....jangan dilawan. Lemesin dah, biar rileks. Suasana yang saya dapat sih model begitu deh. Eh iya itu suasananya ya, bukan isi lirik lagunya!
Oh ya mereka menggelar sebuah pesta kecil, menandai peluncuran debut album mereka, pada beberapa waktu lalu di Lefty's Suite, Foodism, Kemang. Dihadiri beberapa teman musisi lain, semisal Ariyo Wahab. Ariyo ini adalah sohib seband Coki Sitompul, bareng juga Bey Blue, di grup keren lainnya, FOS. Alias, Free on Saturday, yang sementara ini memilih ngaso sejenak, karena kesibukan para personilnya.
Pada releasd-party kemarin itu, di sektor drums mereka dibantu Eddy Syakroni. Pada bass ada Bato.Untuk kibor ada, Faisal Andri. Ade Ayu juga tampil sebagai backing vocal dengan Owe. Arini Kumara juga sempat tampil dengan cello-nya. Selain itu, merekapun mengajak serta putri Tommy Maulana, Nadine Maulana.
Jadi begitulah sobat-sobit sebangsa setanah air sekalian. Maka sambutlah grup gitaran yang asyik ini, kita sambut bersama deh...Glenn Sinsoe dan Coki Sitompul dengan kawan-kawannya. Inilah mereka dengan, Nakedsould Project! Tepuk tangannya lebih keras lagi doooong....../*







Comments

Popular posts from this blog

Ngeheknya Elda dan Adi! Nonton mereka pertama kali

DENNY CHASMALA, Semua musik...Sikaaaatt!

DIDIT SAAD: Plastik Adalah Sisi Gelap Saya...