Krisna Prameswara. Yang kebanyakan gaya, jarang maen....hahahahaha

Nama lengkap, Krisna Prameswara. Tempat dan tanggal lahirnya, Surabaya, 6 Juli 1959 eh maaf salah, 1969. Ayah dari Iqra, sekarang 15 tahun. Juga, Iqbal, sekarang 11 tahun. Nama orang tua, Hatomi Suwanta dan Sri Handiani. Ia anak pertama dari 2 bersaudara.
Ia main musik, lumayanlah. 30 tahun-an sih ada keleussss. Jam terbang relatif tinggilah. Pilihan juga pada pesawat komersial berbadan lebar gitu, tapi yang keciln juga doski mahir. Oala, dia pilot juga? Kerennya....! Jiaaaaah.
Bukan! Ya kalau menyangkut “jam terbang” kan biasanya pilot ya? Pramugara atau pramugari,juga boleh dong? Iya iya deeeh. Nah saya menganalogikan, sebagai ya pesawat komersial itu, maksudnya band-band industri. Yang sudah rekamanlah, rekaman juga lumayan laku dibeli banyak orang.

Ada band yang relatif besar. Ada juga band-band yang sebut aja, “kelas menengah”. Menengah itu model Sugar Ray Leonard atau Thomas Hearns dong ya? Malah lari ketinju segala! Maaf, ga sesuai nih, terlalu ngawur. Iseng aja. Ngawur karena, saya belum pernah tahu bahwa Krisna Prameswara doyan nonton tinju.
Maaf sekali lagi, untuk kengawuran saya. Walau, eh soal ngawur, Krisna tempo-tempo juga suka ngawur. Di whats app groups misalnya. Ngawur sesekali tetapi menyenangkan banyak orang, ya members di groups tersebut. Menyenangkan bagaimana? Eits, rahasia dong. Kepoooo dweeech....
onton tinju sih belum pernah tahu deh. Nonton film, nah ini saya lihat doskisuka.At least, doi suka posting di sosmed. Kayaknya dia suka nonton segala film, terutama horor. Mungkin dia mengalami keasyikan tersendiri, melihat “mahluk-mahluk astral” jadi-jadian di film. Emang gitu, Kris? Maaf lagi, maaf melulu jadinya.
Saya lupa tanyain, dia suka nonton film apaan.Kalau film horor suka ga ya? Kalau suka, kenapa sih? Memangnya berani gitu, nonton film horor sendirian? Berani, beneran? Ah masak siiih?
Krisna, saya kalau lihat konser-konser atau show-show gitu ya, suka kaget juga ngeliat. Eh keyboardistnya Krisna. Nonton band yang anu, eh dia lagi jadi kibordisnya. Nonton ah band yang itu, eala kibordisnya dia juga. Pernah nanya, Krisna gabung juga di band ini? Ga sih, cuma bantuin aja...
Yak, jiwa sosialnya tinggi, jack! Suka menolong! Cakep betul! Iya si ganteng jago kibor ini, gaulnya memang bagus. Cieeee, cieeeee....si ganteng niii yaaa. Eh, traktirlah gw nonton sesekali, kan saya bilang ganteng tuh? Hehehehe.
Ok ini, catatan diskografinya yang dia ingat. COCKPIT JUNIOR BAND (1985-1988), BRAWIJAYA BAND (1988-1994), DISCUS (1996 - sekarang), COLOURS BAND (1992 - sekarang), WONGPITOE (2001-2005), Gilang Ramadhan-NERA (2004 - sekarang). Lalu juga bandnya DEWI SANDRA (2005-2007). Lantas NAIF (2005 - sekarang), COCKPIT BAND (2008 - sekarang). Kemudian SORE (2013-014).
Nyabaaaak neberrr, bray? Itu nama band kan, bukan nama-nama diskotik? Yoih, memang begitu. Walau yakin sih, belum semua tuh. Belum termasuk project-project lepasan gitu, per-show ya. Misal nih, dia pernah membantu juga CHASEIRO misalnya. Atau membantu The KadriJimmo, untuk proyek acara tertentu.
foto  :  Tyas Yahya
Kayak terakhir, kemarin itu ya, dia juga tampil dengan Symphony Band. Saat kelompok 1980-an itu melakukan reuni lagi, yang lumayan sukses itu. Baca deh hasil liputan saya untuk acara itu, ada di artikel tersendiri di blog saya ini.
Ia sekolah di SD Pangudi Luhur. Lalu lanjut masuk SMP Pangudi Luhur, jadi PL lagi ya. Dari situ, masuk SMAN 6 Bulungan. Mungkin karena PL waktu itu belum ada SMA-nya? Atau, bosan sekolah di situ terus? Aslik, saya juga ga tanya itu sih.
Tapi katanya, pertengahan kelas 2 SMA, dia pindah ke SMA Perguruan Cikini, sampai lulus dari situ. Lulus SLTA, lanjut kuliah. Ia masuk ISTN ambil Elektro, S1 ya. Waktu sidag skripsi, cerita doski, ia bikin efek untuk alat musik vocoder. Sementara untuk sekolah musik, ia bilang, ga ada. Otodidak nih.
Tingginya sekitar 170 cm dengan berat 80 kg. Agak berat lho itu, kudu turun, bro. Biar akan terasa lebih fit, lebih enak aja, bisa tidur lebih tenang. Serius nih. Serius sih serius, tapi ah maaf iya saya kan lagi menulis soal musik ya. Kenapa sampai nyenggol soal kesehatan segala? Nanti di tulisan lain deh, ya bro....
Krisna ini serius, kalau sedang bermusik. Lagi muncul di panggung gitu. Ia terlihat tekun betul, konsentrasi tingkat tinggi dengan peralatan kibornya. Tak hendak ia lepas konsentrasi agaknya, jikalau akhirnya memang ia tak bergaya. Tak bergerak aktif, goyang-goying gitu lho. Ia memang tak berpikiran, sekolah balet atawa sekolah tari, saat dulunya.
Bukan begitu, bro Kris? Dan begini ya, satu ketika saya pikir, saatnya Krisna ah saya tulis. Bikinin artikel gitu. Profil, tapi sedikit lebih lengkaplah. Ketemu sih sering banget. Mungkin saja, dia sampai bosan, atau saya yang bosan. Ketemu molooo. Isinya becanda terus. Belum terpikir bikin wawancara gitu.
Akhirnya, saya pikir ah lewat email sajalah. Saya colek Krisna via whats app messenger, saya kemukakan keinginan saya. Ia menyambut hangat. Seminggu, setelah saya colek itu, saya terbangkanlah pertanyaan-pertanyaannya. Dalam waktu tak sampai 2 hari ia sudah menjawab semua.
Karena bersahabat, cukup dekat juga sejak sekian waktu. Makin dekat terutama saat proyek Indonesia Maharddhika. Malah kami pernah jalan-jalan keliling USA segala dulu, sekitar 16-15 tahun lalu. Karena itulah, saya respek dan hormati akan sepak terjangnya di musik selama ini.
Waktunyalah saya mengorbitkan doi! Mengorbitkan? Taela tu bahasa, tuwirnyaaa! Padahal, yang sudah berpisah resmi dan baik-baik dengan budahal itu, apanya yang harus diorbitin lagi? Mau ngorbit sampai mana lagi? Jam terbang tinggi, jumlah bandnya selama ini, masak sih kurang?
Tak perlulah ya. Saya hanya berkeinginan, lebih memperkenalkannya lagi aja. Cukup di titik itu. Segala aktifitas poll-pollannya di dunia musik, dalam rentang waktu lumayan panjang ini, sebaiknya dapat diketahui khalayak.Apalagi, untuk orang-orang yang doyan menonton pertunjukkan musik kan?
Kan keterlibatannya di dunia musik, yang intens itu, biar bagaimanapun menambah semarak dunia musik. Terutama musik panggung, tentunya. Julukan tak resmi, “kibordis 1000-band”, sudah jelas menggambarkan ia memang “seseorang”. Kalau ia bukan musisi lengkap, bukan kibordis handal sekaligus sopan dan ceria, mungkin jumlah band yang didukungnya tak akan sampai 1000-an.
Teman-teman musisi mengatakan, Krisna ini lumayan piawailah. Maaf, saya banyak memakai kata-kata agak lawas. Sesuai umur ya? Umurnya Krisna? Dia masih muda keleussss. Eksplorasi soundnya dipuji, bagaimana ia mengisi musik, lantas memasukkan sound-sound tertentu yang bikin lagu jadi tambah asyik.
Seriuuussss lo, ada 1000-an? Ah sudahlah. Yang jelas, pria yang enggan memakai sepatu berukuran 41, karena akan sakit dan ga muat. Ya iya, ukuran spokatnya, 43. Dan malas kalau pakai celana ukuran 38, karena akan melorot pasti, kegedean deh! Ukuran clokannya itu pasnya,34. Warna favoritnya, biru. Eh, emangnya pilem? Hihihihi....
Dan tanpa banyak berpanjang kata lagi deh. Nanti akan membingungkan pembaca. Saking bingungnya, sampai lupa jalan pulang ke arah mana. Saya dan Krisna pasti akan merasa bersalah. Terima kasih Krisna sahabatku, mau berbagi cerita lewat email, dengan saya. Yang kemudian saya olah sedikit, benerin sedikit di sana-sini. Kutak katik sebentar di areal penalti....
Krisna, suka sepakbola ga? Aduh, saya lupa juga tanyain itu. Banyak lupanya nih. Lha tulisannya tentang Krisna, isinya apaan dong? Well, janganlah sampai...”ragu-ragu Icuk”. Silahkan baca saja. Saya ada edit sedikit, terutama ga tau kenapa, Krisna lebih suka jawab pakai huruf kapital euy. Hahahaha, kampretos! Jadi kasih kerjaan dikit deh.
Udah ah, baca saja ya, men-temens....

foto  :  Tyas Yahya
(Ini prolog, alias pembuka banget email saya ke Krisna Prameswara.... Dan saya pilih “elo dan gw”, karena pan sahabatan lama? Cuma Krisna, jawabnya ber-“saya”. Kurang kumpak neeeh.) ..... 
Elo jawab pertanyaan2 gw di bawah ini ya, bro. Jawab aja, jangan banyak mikir, apalagi bingung. Jangan ketawa juga ya.... Hahahahaha. Harus elo jawab! Hihihi

Bro, guru gitar elo yang pertama siapa?
Ga ada. Belajar sendiri :-)
Kalo gitu, siapa yang pertama kali mengajari elo main drums?
Ga ada juga!

Karena ga ada, ya pertanyaan berikutnya nih, kenapa elo ga jadi gitaris bro? Atau drummer? 
Pertama ngeband, SMP, sebagai pemain bass, Tapi karena bassnya sering nyetrum di studio latihan yang dipake, jadi takut dan pindah deh main keyboard :-D

Ok, sekarang, kalau belajar musik. Musik secara keseluruhan ya. Tak sebatas instrumenmu, pernah ga? Sama siapa?
Pendidikan musik satu-satunya adalah guru piano saya dari SD sampai SMA, ibu Sofyan, namanya.

Kenapa elo pilih instrumen keyboard? Mulai dari mana dulu awalnya, piano atau electone?
Piano, karena sudah bisa main karena les sejak SD, eh TK....

Siapa yang paling menginspirasi elo, pada tahap terawal, yang membuat elo pengen serius jadi pemain kibor?
KEITH EMERSON, RICK WAKEMAN dan TONY BANKS.

Siapa pemain kibor, yang paling elo ga sukai permainannya?
Yang kebanyakan gaya, jarang maen....hahahahaha

Album Heavy Metal apa, yang paling elo sukai, kapan elo pertama sukai mereka?
DEF LEPPARD, PYROMANIA. waktu SMP

Adakah album jazz yang paling elo sukai? Apa, dan darimana elo tahu tentang album itu?
ROMANTIC WARRIOR (RETURN TO FOREVER), ROAD GAMES (ALLAN HOLDSWORTH). Itu karena, nyoba-nyoba di toko kaset siiiih...hihihihi

Dimana elo pertama kali manggung, acara apa,dimana dan kapan? Kesan yang paling elo inget?
Manggung informal pertama di acara halal bihalal keluarga drummer band SMP dulu, Yayat Sumirat. Kalo manggung profesional pertama dengan Cockpit Junior, itu tahun 1985, acara ulang tahunnya Raio Prambors.
Yaaaa kesannya, nervous, juga excited. Kan main sepanggung sama band-band besar saat itu, seperti Punk Modern, Wow, Pandawa Endrass, juga ada Slank formasi awal. Ada Addie MS dan Utha Likumahuwa juga.

foto  :  Tyas Yahya
Buat elo, sesuai dengan pengalaman elo aja bro, modal utama seorang musisi itu apa sih sebenarnya?
Disiplin,kreatif dan inovatif. Rajin berlatih, gaul. Update sama tehnologi dan industri. Dan yang penting juga, tidak suka narkoba!

Kibordis idola elo yang terfavorit itu siapa bro? Kenapa elo suka dengan dia? 
KEITH EMERSON, CHICK COREA dan JORDAN RUDESS: virtuouso, inovatif ,kreatif dan produktif.


Apa nama/merk dan tipenya, keluaran tahun berapa deh, instrumen kibor pertama yang elo miliki? Cara dapatinnya gimana? Apakah elo sering bawa manggung?
ROLAND JX 8P. Dibeliin alm. ayahanda tercinta, produksi 1984 kalau ga salah. Sering kok dibawa manggung,waktu jaman SMA.

Setting kibor elo saat ini, gimana? Elo pakai apa? Dan kenapa elo pakai alat-alat itu?
Sesuai kebutuhan performance sih. Saya tidak suka setup yang terlalu berlebihan, lebih suka yang minimalis dengan hasil yang maksimalis. Hehehe... Setting yang sering dipakai adalah Korg Kronos, Korg Microstation, Hammond organ dan Roland RD 700NX. Karena kebutuhan semua suara, fleksibilitas editing dan fitur-fitur banyak tersedia di peralatan itu.

Apa pendapat elo tentang Naif Band? Pengalaman apa yang paling elo inget dengan Naif?
NAIF adalah band yang unik sih! Tapi punya market luas dan jujur dalam bermusik. 

Apa pendapat elo tentang Cockpit Band? Apa yang paling elo sukai dengan Cockpit?
Cockpit adalah band yang membawakan lagu-lagu Genesis dengan enerji dan musikalitas yang luar biasa. Dengan tetap tidak kehilangan style individunya

Nah kalau Genesis bro, album terfavoritmu apa dari Genesis? Dan lagu Genesis apa yang paling elo sukai untuk elo mainin?
THE LAMB LIES DOWN ON BROADWAY. Alasannya karena puncak kreativitas Genesis sebagai band art rock/progressive rock ada di album tersebut. Kalo lagu,
‘SUPPER'S READY.

Kalau misal gw sebut, Panbers, seberapa jauh elo tahu tentang mereka? Ada ga lagu mereka yang elo sukai?
Maaf, ga banyak tau tentang Panbers...
(Pasti Krisna kimir eh mikir, kok tanya Panbers sih....? Mau Panbers, apa The Mercy’s, hayoooo....)

Gimana dengan Fariz RM, apa yang paling elo sukai dari seorang Fariz RM?
Fariz, musisi multi talenta. Pencipta lagu yang handal dan, produkstif serta inovatif. Tapi tetap idealis.

Lalu gimana dengan Symphony Band-nya Gelly, Fariz itu, elo pernah nonton mereka ga dulu? Apa pendapat elo tentang mereka dulunya, waktu elo pertama kali mengetahui mereka....
Symphony adlah band dengan musik dan komposisi yang sudah modern pada jamannya. Beranggotakan musisi yang lagi ngetop-ngetopnya ya saat itu. Dulu sayangnya, ga pernah sempat nonton performance mereka

Menurut elo ya, gimana seorang Tony Wenas itu? Apa yang paling elo inget dari Tony Wenas?
Tony Wenas? Tony adalah pemain piano dan biduan yang handal. Figur yang sukses dalam karir, yang tetap selalu bersemangat dalam bermusik.
(Saya suka dengan pilihan kata...”Biduan yang handal”. Ketauan umurnya....)

DISCUS Band
Eh gimana dengan Discus? Apa pengalaman paling elo ingat dengan Discus?
Discus itu band dimana saya dapat berkreasi tanpa batas, bersama personil-personil yanggi musikalitasnya. Pengalaman paling berkesan adalah suasana keakraban dan produktif, saat sedang workshop dan, setiap mempersiapkan performance. Eh iya, juga jalan-jalan untuk event-event di luar negeri... Hehehehe

Ada ga musisi, yang paling elo pengen untuk bisa bekerjasama? Terutama elo jadi Music Directornya untuk show atau produser rekamannya ya. Atau,mungkin ya, beda nama. Misal, untuk show siapa. Kalau untuk rekaman,siapa?
YOCKIE SURYOPRAYOGO, IWAN FALS, NAIF & SORE, baik untuk show maupun concert

Dari anak-anak elo, apakah elo siapkan mereka untuk meneruskan jejak langkahmu? Ya sebagai musisi, sebagai kibordislah....
Tidak. Malah kepengennya mereka harus jadi, lain dengan saya....

Elo pengen ga, kepikiran ga, untuk menjadi pemain saxophone? Kalau ga, kenapa?
Pengennya tetap jadi kibordis aja, tapi yang bisa main alat musik lain. Ya misal, alat tiup atau violin...

Album vokalis apa yang paling elo sering dengerin sekarang ini? Kenapa?
FRANK ZAPPA, GINO VANNELLI, PETER GABRIEL dan STING. Musiknya bagus dan inspiratif, Bikin pinter...

Kalau dari musik era 1980-an,elo paling suka siapa? Kenapa?
TEARS FOR FEARS, DURAN DURAN, DEPECHE MODE, YES, GENESIS. Musiknya bagus, banyak suara keyboardnya :-)

Kalau dari era 1990-an,siapa bro dan kenapa?
BJORK. Komposisi2nya inovatif dan konsernya adalah pertunjukan terkeren yang pernah saya lihat selama ini, baik dari sisi produksi, komposisi, inovasi, dllnya deh

Apakah elo menulis lagu sendiri juga? Kesulitan apa yang aling jadi masalah buat elo, dalam menulis lagu?

Jarang. Karena lebih tertarik manggung aja...
Hal apa yang paling bikin elo malas, atau akan mengganggu elo, untuk show?
Sound system yang tidakprima dan jadwal yang terlalu ngaret

Eh bro, cita-citamu waktu SD apa sih?
Profesor di laboraorium dan pianis klasik J

Lalu,elo ingatkah, apa sebenarnya kepengen orang tua elo tentang elo di hari depannya? Misal, ortu pengen banget elo jadi dokter kebidanan atau mungkin insinyur elektro?
Ooooh...insinyur!

Kalau ada reinkarnasi bro, elo pengen terlahir kembali, sebagai apa?
Ah, sebagai saya lagi  !


Sekian dan, terima jadi! /*

Comments

Popular posts from this blog

Ngeheknya Elda dan Adi! Nonton mereka pertama kali

DENNY CHASMALA, Semua musik...Sikaaaatt!

DIDIT SAAD: Plastik Adalah Sisi Gelap Saya...