Deklarasi GWJ. Lanjut, pak!



Pada akhirnyalah, Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ), diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat luas. Dalam acara Deklarasi yang dihadiri sekitar 1100 relawan,  para anggota  yang memenuhi XXI Ballroom itu datang dari berbagai Dewan Pimpinan Wilayah, Dewan Pimpinan Daerah bahkan hingga Dewan Pimpinan Luar Negeri.
Selain itu ikut hadir, para anggota teras GWJ dari Dewan Pembina, Dewan Penasehat sampai Presidium. Ditambah dengan para simpatisan lainnya, termasuk para artis penyanyi dan musisi kenamaan tanah air. Selain beberapa wakil dari partai politik.


Sebagai acara utama adalah pidato resmi Ketua Umum GWJ. Adalah Ibu Shanty Widhiyanti Hamid, lebih dikenal sebagai Shanty Sys Ns yang adalah istri dari almarhum Sys Ns. menyampaikan pidato resmi pertamanya sekaligus memperkenalkan diri sebagai Ketua Umum dari perkumpulan para relawan, yang memakai nama GWJ tersebut.
Dalam acara pada Minggu siang 25 Maret kemarin itu, ikut dinyanyikan lagu Hymne GWJ dan juga Mars GWJ. Pada hymne GWJ, penyanyi Dira Sugandi dimunculkan sebagai penyanyi utama, diiringi choir yang terdiri dari berbagai kalangan, termasuk para selebiritis tanah air. Kedua lagu digubah oleh mendiang Sys Ns, dengan sisi musik ditangani oleh gitaris rock ternama,  Ian Antono.,


Para hadirin juga disuguhkan, pemutaran perdana klip lagu, ‘Stop, Stop, Stop’ yang adalah karya bersama Sys Ns dan penulis lagu terkemuka, James F. Sundah. Dan acara Deklarasi ditutup oleh acara hiburan yang dimeriahkan penampilan bintang tamu Dira Sugandi, Kikan ex Coklat bersama kelompok musik Soulful.
Pimpnan Dewan Pembina GWJ, Sidarto Danusubroto, memimpin hadirin untuk mengheningkan cipta. Sementara itu, doa bersama seluruh yang hadir, dipimpin oleh tokoh Islam muda, Taufik Damas.



Acara siang itu dibuka oleh tari-tarian yang menyisiri Nusantara, dibawakan para penari dari Van Dance. Dan para penari dari Van Dance juga ikut meramaikan pemutaran lagu Mars GWJ yang terkesan gagah dan dinamis itu.
Sebelumnya, pada pagi harinya, dilakukan Jalan Sehat GWJ di kawasan Car Free Day, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Yang diwarnai pula oleh senam massal dan bergoyang Maumere bersama. Dan pada sehari sebelumnya, dari siang sampai malam hari, telah dilakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama GWJ bertempat di ballroom Hotel Milenium.


Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Wadyabala Jokowi. Foto : Dyka BayuiMusic

Bicara Gerakan Wadyabala Jokowi tak bisa tidak, berarti seorang RMH Heroe Syswanto Ns Soerio Soebagio. Dialah sosok utama yang mempunyai ide dan gagasan. Yang dicetuskan pada bulan Oktober 2017. Tentu saja ide ini berangkat dari rasa kebangsaan, cinta tanah air, cinta perdamaian dan ke-Indonesia-an yang ada dalam dirinya.
Berkenan dengan kecintaannya atas tanah air dan kebanggaannya atas ke-Indonesia-annya, rasanya itu sudah semacam identitas khas dirinya yang telah diketahui dan dimaklumi begitu banyak orang..
Seperti halnya publik mengenal sosok seorang Sys Ns begitulah nama populernya, sebagai salah satu tokoh entertainer, dengan berbagai kebisaannya. Dan dengan ide-ide kreatifnya yang segar, dalam menyajikan beragam program hiburan.
Program hiburan lengkap, musik,dan teater terutama. Untuk di panggung sampai televisi. Segala kreasinya, mewarnai jaman, dan telah sukses meraih perhatian publik sejak era akhir 1970-an. Dimana bentuk program yang telah dihasilkannya selama ini juga senantiasa, sebagian besar menyasar pada kaum muda.

Sys memang dekat dengan kaum muda, seperti juga tentu saja ia dekat betul dengan teman-teman “se-generasi-nya” sendiri. Dan sebelum berpulang, ia menggulirkan ide GWJ ini. Sys Ns sendiri yang menghubungi satu demi satu sahabat-sahabat baiknya.  
Merancang sebuah organisasi, dan melengkapinya dengan memilih sendiri secara langsung para sahabatnya, sebagai “calon-calon” pengurus dari organisasi tersebut. Baik struktur organisasi untuk Dewan Pimpinan Pusat, bahkan sampai DPW, DPD dan DPC. Termasuk jaringan cabang-cabang GWJ di berbagai negara Asia, Eropa sampai Amerika Serikat dan Australia.
Tak heranlah kiranya, para sahabatnyapun lantas segera menyepakati melanjutkan cita-cita almarhum. Langsung, tak lama setelah secara tiba-tiba Sys meninggal dunia, pada Selasa 23 Januari 2018.
Sys ternyata mewariskan GWJ, Gerakan Wadyabala Jokowi, dengan struktur organisasi mendekati lengkap. Memang tinggal dijalankan, dan dengan visi dan misi atau tujuan yang jelas dan konkrit. Yaitu, mendukung sepenuhnya bapak Ir. Joko Widodo, untuk dapat kembali terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia, pada pemilihan presiden di tahun 2019 mendatang.
Dasar dari pergerakan bernama GWJ ini adalah lebih sebagai sebuah gerakan perkumpulan relawan, yang mengandalkan pada musik dan  budaya. Dengan turut mengingatkan dan mempertebal rasa cinta tanah air pada kaum muda di seluruh Nusantara.
Bahwasanya kaum muda haruslah memiliki kesadaran untuk memberi perhatian dan menghargai segala kekayaan tradisi budaya Nusantara di dalamnya  Dengan tiu sungguh diharapkan turut mempertebal rasa cinta tanah air, selain menebalkan rasa kebanggaan sebagai orang Indonesia.


Pada prinsipnya Gerakan Wadyabala Jokowi berarti Gerakan dari para “bala prajurit / pasukan / pendukung” untuk Jokowi, sebagai Presiden Republik Indonesia periode kedua kali.  Dan Sys pun memilih pendekatan terutama melalui jalur musik dan budaya, sebagai identitas khas pergerakan ini.
GWJ pun dipersiapkan Sys, sebagai sebuah organisasi berbentuk perkumpulan resmi dan sah, yang terbuka. Dan akan terlibat aktif, bahkan menjadi salah satu unsur penting, yang kelak turut memberi kesempatan kepada bapak Jokowi, melanjutkan segala hal-hal baik yang telah dikerjakan dan dihasilkannya, selama ini. Tentu di saat periode pertamanya sebagai presiden terpilih Republik Indonesia ini, periode 2014 sampai nanti 2019.
Pada akhirnya, saat ini GWJ bukan lagi milik Sys pribadi. Tapi sudah menjadi milik bersama. Inilah warisan mendiang Sys yang harus dijaga dan diperjuangkan kelanjutannya bersama-sama. Gerakan ini semata-mata bukan karena “faktor” Jokowi saja, tetapi lebih karena nilai-nilai yang dimiliki dan dibawa oleh Jokowi sendiri.


GWJ pun, lewat deklarasi kemarin, menyatakan membuka diri untuk menerima anggota masyarakat yang berkeinginan menjadi relawan-relawan pendukung utama Joko Widodo untuk dapat terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia. Merekapun menyuarakan dengan lantang dan tegas, sebuah tagline untuk dukungannya tersebut, Lanjut!
Dan perlu diketahui, deklarasi kemarin disebut-sebut sebagai sebuah acara dekalrasi terbesar. Terbesar di antara deklarasi dari pergerakan perkumpulan relawan sejenis. Tercatat tak kurang dari 1100an orang memadati hall megah di kawasan sentral ibukota tersebut.
Semoga cita-cita, segala keinginan dan  rencana mendiang Sys Ns, insya Allah akan dapat diteruskan dan diwujudkan oleh Shanty Sys Ns, sang istri, yang didukung sepenuhnya para sahabat-sahabat almarhum Sys Ns.
Berjalan ke depan, dengan keyakinan penuh untuk menjalankan apa yang telah digariskan sebagai komitmen bersama. NKRI Harga Mati, GWJ Harga Diri dan Jokowi adalah Harga Pasti! Itulah kata-kata penutup pidato resmi sang ketua umum, Shanty Sys Ns kemarin, yang disambut gegap gempita hadirin. Rasanya itulah pijakan dasar dari gerakan ini.


Berikut ini, selengkapnya anggota pengurus dari Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Wadyabala Jokowi  :


SUSUNAN PENGURUS
DEWAN PIMPINAN PUSAT, PRESIDIUM dan BADAN ORGANISASI GERAKAN WADYABALA JOKOWI
Masa Bakti 201 – 2020


SUSUNAN PENGURUS
DEWAN PIMPINAN PUSAT GERAKAN WADYABALA JOKOWI
MASA BAKTI 2018 – 2020



KetuaUmum                           :           Shanty Sys Ns

SekretarisJenderal                :           Malik SjafeiSaleh

WakillSekretarisJenderal 1  :           Nova Cahya
WakillSekretarisJenderal 2  :           DitaTisnadisastra

BendaharaUmum                 :           Bambang Prie

WakilBendaharaUmum        :           M. NajibAzmie          


DEPARTEMEN- DEPARTEMEN :      

I.           Organisasi dan Keanggotaan  :          
Ketua              :  Baney Birowo
WakilKetua     :  Chandra Nurdin                
II.         Advokasi, Hukum dan HAM
Ketua              :  Hendronoto Soesabdo
WakilKetua     :  Hanna Widjaja
Anggota          :  Aprilda Fiona
III.       Pengamanan    
Ketua              :  Jeffrey Titahalawa
WakilKetua     :  Ruliyadi
IV.      Kepemudaan
Ketua              :  Seno M. Hardjo
WakilKetua     :  Aldi Wahab
V.        Komunikas idan Informasi
Ketua              :  Andra Muluk
WakilKetua     :  Aida Mustafa
Anggota          :  Hilman Sembiring
VI.      Media Massa dan Humas
Ketua              :  Dion Momongan
Wakil Ketua    :  Tika Bisono 
VII.    Dokumentasi dan Data
Ketua              :  Jodhi Yudono
WakilKetua     :  Dwi Christianto
VIII.  Relawan danSimpatisan
Ketua              :  Taka Mantik
WakilKetua     :  Gina Atmadja Rachman
IX.      Design Grafis
Ketua              :  Rudy Bachsin
WakilKetua     :  Gayatri A. Ardhinindya
X.        Umum dan Perlengkapan
Ketua              :  Elvis Purbanegara
WakilKetua     :  Ajat Sutarjat
XI.      Penggalangan Dana
Ketua              :  Ita Mustafa
WakilKetua     :  Dian Piesesha

  
PRESIDIUM GERAKAN WADYABALA JOKOWI
MASA BAKTI 2018 – 2020


Ketua              :           Tommy Setiotomo
Sekretaris       :           Acan Rachman
Anggota  :
1.          Tommy Setiotomo
2.          Acan Rachman
3.          Jojo Wahab
4.          Poppy Hayono Isman
5.          Tono Supartono
6.          Gugun Yudinar
7.          Harry Sabar
8.          Dhanny Basri
9.          Dwi Yan
10.     Benny Abdurahman
11.     Addie MS
  

BADAN ORGANISASI GERAKAN WADYABALA JOKOWI
MASA BAKTI 2018 - 2020


DEWAN PEMBINA
1.      Sidarto Dhanusubroto
2.      Agum Gumelar
3.      ArifinPanigoro
4.      Prasetio Edi Marsudi
5.      Agung Laksono
6.      Agus Gumiwang Kartasasmita
7.      Fahmi Yendra

DEWAN PENASIHAT
1.      Dimas Wahab
2.      Firdaus Ali
3.      PerintisGunawan
4.      Tb. Ace Hasan Syadzily
5.      Ir. Neil Iskandar Daulay
6.      Ir. Gatot Sudariyono
7.      Bhaskara Sukarya
8.      Guntur Romli
9.      SigitWidyawan
10. Anang Kuswardono













Comments

Popular posts from this blog

Ngeheknya Elda dan Adi! Nonton mereka pertama kali

DENNY CHASMALA, Semua musik...Sikaaaatt!

DIDIT SAAD: Plastik Adalah Sisi Gelap Saya...