Monday, December 9, 2019

Saksikan CHRISYE akan Konser lagi, bersama Erwin Gutawa!



Aduh, apes betul rasanya. Saya terlewat euy, nonton konser Chrisye by Erwin Gutawa, pada bulan Oktober di Jakarta. Konser unik itu, menjadi salah satu mata acara “sangat penting”, dari sebuah perhelatan berbentuk festival, Synchronize.
Teman-teman yang menonton, menceritakannya dengan penuh semangat. Tentu saja, saya jadi ekstra penasaran! Ah nyang bener gaes? Konsernya Chrisye? Serius lo bray....?
Seperti apa realisasinya? Erwin Gutawa, sang pengarah musik, menggagasnya. Setelah mengamati sekian waktu, Erwin berkesimpulan sejatinya suara demikian pula halnya dgn lagu n musik "sang legenda" tetap lestari. Hidup, berbunyi, turun temurun, menembus pembatas sosial sampai usia.

Ada hal lain, inilah yang utama, ada tersimpan rapi banyak dokumentasi video-video (konser, latihan yang juga berwujud footages) yang diambil sepanjang hidup sang legenda. Inilah kelebihan utamanya....
Menarik bahwa, bisa jadi ini konser pertama di Indonesia. Eh ya jelas sih kalo di sini ya, malah mungkin ya di dunia. Seorang legenda yang telah tiada, dapat kembali "berpentas". Dalam sebuah konser megah.
Hadir lagi, membawakan hitsnya, mengajak menyanyi penonton, menyapa hangat! Diiringi musik secara live, yang dibuatkan secara khusus, untuk keperluan konser tersebut.
Sang ayah dan anak, Erwin dan Gita Gutawa terpana, terkagum-kagum saat berpentas di bulan Oktober itu dengan konsepnya ini. Terkesima atas sambutan hangat, antusias bahkan emosional para penonton waktu itu. Penonton puluhan ribu, sangat menikmati dan bertahan dari awal hingga selesai.
Dan catat ya bro, gw kagum lho karena bahkan penonton milenial yang mayoritas kemarin itu, ikutan bernyanyi. Begitu ungkap Erwin Gutawa, diiyakan putrinya, Gita. Upaya "gokils" seolah "menghidupkan kembali" the phenomenon Chrisye nanti, kali ini akan "dipimpin" Gita Gutawa. Selain sbg producer, Gita juga akan tampil menyanyi.
Gita menyanyi juga? Duet dong? Dengan Sandhy Sondoro yang akan tampil juga nanti? Nah penasaran kan? Dengan almarhum Chrisye dong, ya harusnya kan gitu ya? Nat King Cole meet Natalie Cole... 'Unforgettable'...??



Foto-foto  K2C
Si oom, menyebut almarhum Chrisye, memang fenomenal ya, lanjut Erwin. Mungkin jarang ada penyanyi pria sesukses beliau, kenang Erwin. Kemudian, kan gw juga menangani musik terutama konser2nya semasa hidupnya. Itu pengalaman berkesan, selalu gw ingat bro.
Ini akan menjadi pengalaman "baru" yang menantang betul tentunya ya bro Erwin? Iya, jawabnya segera. Ini pengalaman asyik, berangkat dari pengalaman gw juga adanya kan?
Gw harus nonton, makanya gw dateng ke Bandung nih bro. Erwin ketawa, Gita jg tersenyum. Di sebelahku ada abang Ferry Mursyidan Baldan, sebagai fans fanatik Chrisye dan penggagas #K2C (Komunitas Kangen Chrisye). So pasti, sekaligus motor utama dong.
Beserta para anggota #K2C lain, "wakil ketua" Nini Sunny . Para anggota utama, yang adalah "pengurus" lain, Indrawan Ibonk sbg korlapDudut Suhendra Putra sebagai dokumentasi. Lalu ada juga Muhamad Ihsan , yang menghandle pernak-pernik kesekretariatan gitu deh.
Saya diajak serta K2C kemarin, khusus untuk menghadiri jumpa pers Chrisye Live Tour yang diadakan oleh penyelenggara konser tersebut. Mengambil tempat di Kafe Halaman. K2C memang diundang, dan datang untuk memberi atensi, apresiasi dan dukungan moril.
Foto  Ibonk/K2C


Foto  Dudut SP/K2C
Sejatinya, K2C adalah semacam wadah macam komunitas, untuk publik yang menyukai banget Chrisye. Sifatnya sangat terbuka, siapapun boleh saja terlibat atau “bergabung”. Walau tak ada organisasi, ataupun struktur kepengurusan resmi.
Palingan,sebatas panitya inti kecil, yang menjadi pelaksana setiap event yang K2C seleggarakan. Event mengenang Chrisye itu, setiap tahun senantiasa digelar oleh K2C, biasanya di bulan Maret, bulan dimana Chrisye wafat.
Jadi publik bila mau “ikut bergabung”, datangi saja acara yang diadakan K2C tersebut. Dan saya, seringkali juga diajak serta untuk ikut memeriahkan, atau terlibat, dalam event yang diadakan oleh K2C itu. Gitu deh ceritanya.....
"Chrisye adalah musisi besar yang tiada duanya. Ia selalu hidup di hati kami dan tidak akan pernah hilang dari ingatan kami. Karena itu kami akan mensupport acara seperti ini, di mana pun acara dibuat di seluruh Indonesia," kata Ferry Mursyidan Baldan, kepada Erwin dan Gita Gutawa.
Ferry kemudian menjelaskan lagi, K2C ikut menyebarluaskan informasi acara ini ke khalayak ramai. Antara lain dengan memasang baliho, tentu tentang konser ini dengan dua disain berbeda yang ditempatkan di jalanan ramai di kota Bandung.




Dan K2C juga berencana datang menonton konser tersebut nanti, tentu saja. Terima kasih banyak.abang Ferry M. Baldan dan K2C yang sudah mengajak saya. Senengnya deh. Aseli, bang!
Sudah lama juga kiranya, tak berbincang-bincang akrab en dekat untuk waktu "rada panjangan" dgn Erwin Gutawa. Bassis yang saya kagumi dari dulu, yang sekarang "ga mau lagi" main bass, dan selalu tertawa lebar kalau obrolan "menyenggol" Karimata. Makin terbahak-bahak tawanya, kalau ditanya iseng bin usil, lalu kapan Karimata reuni full n beneran?
Kalau kemarin, di ujung sebelum kami pisah, saya cuma sempat bilang, "Eh bro, salam untuk Karimata aja yaaaa...."
Untuk teman-teman semua, nonton deh konser Chrisye Live 2019 di Sabuga - Bandung, Kamis 11 Desember nanti. Pasti menakjubkan dan bakal sangat berkesan.... Jangan sampai terlewat ya!
Chrisye Live Tour by Erwin Gutawa, direncanakan akan dibawa keliling, ke beberapa kota di Jawa. Kelanjutan tour, setelah menyinggahi kota Bandung, akan diteruskan pada awal 2020 nanti. Tunggu saja informasi dari panitya nanti./*
Ferry M.Baldan, Charles Bonar Sirait dan K2C


No comments: